Welcome Pontianak Centre

Minggu, 24 Oktober 2010

Belasan Ruko Nyaris Terbakar


SINGKAWANG -Kawasan pasar di Kota Singkawang, mendadak ramai usai salat magrib, tadi malam. Belasan rumah toko di Jalan Saman Diman, Kecamatan Singkawang Tengah, nyaris terbakar, Kamis (21/10) sekitar pukul 18.30 WIB. Ruko-ruko itu bisa diselamatkan, karena kebakaran sebuah rumah toko di belakang bangunan berhimpitan itu bisa cepat dikuasai oleh Badan Pemadam Kebakaran Swasta (BPKS) yang sigap. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Asyyura, pemilik rumah mengatakan, ketika listrik padam, televisi yang berada di lantai dua kediamannya tidak sempat dimatikan. Karena listrik padam saat itu, semua yang ada di rumah mereka pergi ke sebuah toko pakaian muslim tak jauh dari kediamannya. Lalu Jaya Wijaya salah seorang anak Endang putri Asyyura, ketika keluar dari toko pakaian muslim itu, melihat api dari kejauhan. Ia langsung meminta kunci gembok ruko tersebut. Setelah itu Jaya masuk ke dalam rumah, dan melihat api sudah membesar hingga menjebolkan dek rumahnya. Sontak saja, Jaya panik dan berlari keluar berteriak minta pertolongan.

Jaya mengatakan, apinya berasal dari televisi yang konslet. “Saya langsung keluar teriak minta tolong. Lalu banyak orang yang membawa air membantu,” katanya lagi. Pemilik warnet X3 yang membuka usaha di deretan ruko yang nyaris terbakar itu mengatakan, bahwa ia mengetahui adanya kebakaran setelah mendengar ada orang berteriak. Saat itu ia berada di warnetnya. Pria ini kaget dan panik. “Saya kaget, kejadiannya setelah kurang lebih 10 menit listrik menyala. Ini kejadian yang pertama kali di sini,” kata pria ini, di lokasi. Meski tidak terbakar, ruko-ruko itu mengalami kerusakan. Ketimbang terbakar dan rugi lebih besar lagi, ruko-ruko itu disemprot air oleh petugas BPKS sebelum api menjalar, sehingga banyak kaca yang pecah.

Petugas BPKS harus menggunakan tangga untuk memanjat menyemprotkan air ke lantai dua ruko. Kawasan itu berjejer ruko yang terdiri dari warung internet, toko handphone, toko emas dan bangunan lainnya. Bahkan deretan itu juga ada showroom motor. Seorang pria penghuni salah satu ruko yang nyaris terbakar itu, terlihat tersandar di sebuah pintu. Banyak warga mengerumuninya, karena dia nyaris pingsan. Peristiwa kebakaran ini juga menjadi perhatian masyarakat sekitar. Karena di tengah kota, ramai warga yang menyaksikan. Polisi menutup jalan masuk dari depan Toa Pekong. Di lokasi, tampak polisi berupaya mensterilkan lokasi. Selang beberapa lama kemudian, api berhasil dipadamkan. Dekatnya sumber air, memudah petugas memadamkan api. Dan, perlahan-lahan warga pun membubarkan diri. Petugas PLN langsung mengecek lokasi kebakaran. Tak lama setelah petugas kebakaran pulang, listrik pun nyala kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar