Welcome Pontianak Centre

Kamis, 28 Oktober 2010

Ketua Terpilih Harus Berani Bangun Sistem Yang Lebih Baik Harapan Ketua Kadin Ketapang Kedepan

 

KETAPANG—Walaupun pemilihan ketua Kadin Ketapang ditunda sampai batas yang tak ditentukan. Maka, sebagai masyarakat, Muhaiyan Siddiq berharap agar  semua Kandidat Ketua, punya terobosan dan berani membangun sistem yang baik. Pemerhati social Ketapang ini menilai Kadin merupakan Organisasi yang sudah mapan dan cukup bergengsi keberadaanya.

“Sebagaimana diketahui bahwa Kadin hadir satu-satunya wadah Organisasi bagi Pengusaha yang dilahirkan sejak jaman Orde Baru, untuk mengakomudasi disegala bidang sektor usaha, tanpa memandang kecil besarnya bentuk usaha yang dilakukan,” kata Presedium Lekkas Bangda (Lembaga Kajian Strategis Pembangunan daerah).

Ia menerangkan  sejak jaman Reformasi lahir maka organisasi yang sama  bermunculan seperti Ardin,Kadin Indonesia,Ardindo dan lain-lain. Munculnya organisasi ini, lantaran Kadin bukan merupakan suatu wadah tunggal lagi seiring dengan diperbolehkannya aturan Undang-undang yang mengaturnya. ”Bagi kawan-kawan yang turut berkompetisi di Forum Musda Kadin, siapapun ia yang terpilih diharapkan supaya dapat membangun sistem yang lebih baik, jangan sampai ada penilaian unsur pengurus Kadin Ketapang hanya didominasi kalangan Konstruksi yang bergerak bidang pengadaan barang dan jasa pemerintah saja”,tutur salah satu Wakil Direktur Perusahaan yang tergabung dalam Kadin.

Muhaiyan menilai, ruang lingkup Kadin sangat luas dan global dalam dunia usaha, baik secara ekonomi Mikro maupun Makro. Sedangkan dalam pergerakan ekonomi sosialnya Kadin punya andil  dan bersama-sama pemerintah turut serta dalam mengentaskan kemiskinan, membuka peluang tenaga kerja dan menanggulangi bentuk pengangguran.

Sementara kalau hanya mengharapkan dan hanya mengurus diusaha pengadaan barang/jasa pemerintah saja,dan  disektor lain  tidak mendapat perhatian. Maka Kadin ketapang bisa dikatakan hanya sebagai stempel. Belum lagi, setiap ada tender  pengadaan barang/jasa pemerintah yang diutamakan adalah unsur pengurus  semata, yang memperolehnya, tanpa dimenej dengan baik sehingga kesempatan yang sama dalam berusaha terabaikan.

Ia menilai ini semestinya dicerna bagi kabinet Kadin Ketapang kedepan. Muhaiyan yakin apabila Sistem yang baik dibangun maka hasilnya juga akan menjadi lebih baik. Akan tetapi kalau sistemnya buruk maka organisasi tersebut mengalami keburukan. “Karena dipengaruhi sistem yang buruk tadi, kuncinya adalah berani membangun sistem yang lebih baik,mudah-mudahan ketua yang baru siapapun ia dapat membawa pencerahan dalam dunia usaha,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar