Welcome Pontianak Centre

Jumat, 22 Oktober 2010

Landak Kalahkan Sambas dan Kabupaten Pontianak Industri Perbankan Bergairah


NGABANG. Bupati Dr Adrianus Asia Sidot mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi suatu daerah bisa dilihat dari geliat industri perbankan. Kemajuan kabupaten yang masih belia ini mampu mengalahkan Sambas dan Kabupaten Pontianak yang sudah lama terbentuk.

“Kita lihat di Ngabang secara khusus dan Landak pada umumnya, baik sektor perbankan maupun lembaga-lembaga keuangan lain tumbuh subur. Selain Bank Kalbar, juga ada BRI, Bank Danamon dan Bank Mandiri. Juga lembaga keuangan lain yang juga tumbuh pesat seperti credit union,” urai Adrianus saat acara silaturahmi PT Bank Kalbar Cabang dengan nasabah, Senin (11/10) malam.

Berkembangnya sektor perbankan menunjukkan ekonomi di Landak tumbuh positif. Pada 2008 lalu, pertumbuhan ekonomi di Landak di atas 3,5 persen. Bahkan pada tahun lalu pencapaian pertumbuhan terkerek menjadi 4,58 persen. “Saya juga sangat optimis dalam kurun waktu lima tahun ke depan, Landak bisa mencapai pertumbuhan ekonominya antara 6,5 persen sampai 7 persen. Tapi hal ini apabila momentum pertumbuhan ekonomi yang ada saat ini bisa terjaga, baik secara lokal Landak, secara regional, nasional dan di tingkat internasional,” kata mantan Kepala Dinas Pendidikan itu.

Adrianus bersyukur Landak yang baru berusia 11 tahun sudah mampu menjaga eksistensinya. Itu tentu tidak terjadi dengan sendirinya atau bukan turun dari langit. “Ini merupakan hasil kerja keras dari semua masyarakat yang telah memiliki kesadaran untuk berkontribusi yang sesuai bidang masing-masing terhadap pertumbuhan perekonomian yang ada di daerah ini. Apalagi dengan masuknya investasi yang cukup besar di daerah ini, saya juga yakin lima tahun ke depan Landak akan menjadi salah satu Kabupaten yang diperhitungkan di Kalbar, terutama dari segi kekuatan perekonomiannya,” yakin Adrianus optimis.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bank Kalbar, Sudirman HMY mengatakan, bank yang dipimpinnya merupakan milik masyarakat Kalbar. Pemegang saham adalah Gubernur Kalbar dan para bupati/walikota se-Kalbar.

“Sebagai bukti PT Bank Kalbar ingin memajukan Landak, kami menyerahkan dana Rp 100 juta untuk mendukung kegiatan pendidikan dalam bentuk beasiswa. Beasiswa ini pun akan disebarkan kepada 100 orang siswa di Landak yang akan menerima masing-masing Rp 1 juta,” katanya.

Sudirman tertakjub melihat perkembangan pembangunan di Landak yang cukup pesat. Bahkan perkembangan pembangunan di Landak mengalahkan kabupaten lain, seperti Kabupaten Pontianak dan Kabupaten Sambas. “Ini menunjukkan perkembangan pertumbuhan perekonomian di Landak cukup terbukti. Nah bagi Bank Kalbar sendiri ini merupakan peluang yang sangat baik,” tandas dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar