Welcome Pontianak Centre

Senin, 25 Oktober 2010

Lelang Disdik Sesuai Prosedur


BENGKAYANG-Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang, Kelemen memastikan, lelang proyek dana alokasi khusus bidang pendidikan di dinas yang dipimpinnya sesuai prosedur. Jika ada riak-riak itu hal biasa.

Demikian diungkapkan Kelemen kepada Pontianak Post, kemarin dihubungi via telpon selular. Menurut dia, panitia sudah menjalankan sesuai dengan aturan yang berlaku dan mereka diberikan kewenangan penuh dalam menjalankan tugasnya. Menurut dia, lelang proyek tersebut tetap jalan dan tidak akan diulang. “Ya, biasalah seperti main bola. Kan, ada masalah sedikit.

Tapi, ngak perlu diulang,” kata dia menjelaskan. Seperti diberitakan sebelumnya, penetapan pemenang dana alokasi khusus (DAK) bidang pendidikan di Dinas Pendidikan Bengkayang dinilai sarat dengan KKN. Penawar sejumlah proyek DAK tersebut minta kepada pejabat berwenang untuk mengusut persoalan tersebut. Salah salah penawar proyek di dinas pendidikan menjelaskan, DAK pendidikan tahun-tahun sebelumnya hanya menunjuk kepala tukang untuk mengerjakannya.

“Yang menunjuk adalah kepala sekolah. Tapi, tahun ini harus dilaksanakan tender. Jadi, dinas pendidikan pun berkewajiban melaksanakan tender,” kata penawar.
Dia menceritakan, panitia akan mengumumkan pemenang tanggal 15 Oktober 2010, namun dibatalkan. Alasannya, mereka khawatir penetapan jauh dengan prediksi.

“Panitia pun kucing-kucingan dengan peserta lelang. Jam enam sore baru diumumkan, ketika semuanya sudah tak ada lagi di kantor. Panitia menempelkan usulan pemenang, tentu penawar terkejut,” katanya. Pemenangnya, diakuinya, rata-rata tim sukses pemilukada yang lalu, keluarga dan orang-orang yang dikhawatirkan akan bisa membuat keributan.

Dia mencontohkan, seharusnya pemenangnya adalah mereka yang menjadi urutan pertama. Namun, urutan kelima yang menjadi pemenang. Dia menjelaskan, ada yang memasukan dua perusahaan dan memenuhi syarat kedua-duanya dan menempati posisi urutan pertama dan kedua. “Tapi, anehnya yang urutan ketiga jadi pemenang,” kata dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar