Welcome Pontianak Centre

Jumat, 22 Oktober 2010

Pameran Pangan Nusa 2010 Kalbar Ikuti Tiga Kegiatan

PONTIANAK. Trade Expo Indonesia (TEI) ke-25 digelar 13-17 Oktober 2010 di Hall Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat. TEI kali ini dilakukan bersamaan dengan Pameran Pangan Nusa 2010. Kalbar mengikuti tiga kegiatan dalam pameran tersebut.

“Kalbar menampilkan produk UKM dan pameran produk ekspor dan pangan nusa. Untuk lomba masak pangan nusa, Kalbar meraih juara harapan II,” kata Kepala Disperindag Provinsi Kalbar Suzarsono Soekran kepada Equator via seluler, Rabu (13/10).

Lebih lanjut ia mengatakan, produk-produk unggulan Kalbar yang ditampilkan diantaranya lidah buaya, nata decoco, lada, produk dari kayu, tikar lampit, batik khas Kalbar, keramik, produk indo foot, kayu gaharu, dan batu cincin. “Produk Kalbar ternyata cukup diperhitungkan di tingkat nasional. Alhamdulilah banyak yang berminat terhadap produk Kalbar, terutama lidah buaya,” ungkapnya.

Soekran menjelaskan, pemerintah resmi membuka Trade Expo ke 25 tahun 2010 Rabu (13/10). Pembukaan acara tersebut dipimpin langsung Wakil Presiden Boediono dan diikuti perwakilan dari 45 negara sahabat.

Trade Expo 2010 diikuti 810 peserta, sekitar 33 persen diantaranya berasal dari industri furnitur. Expo juga menampilkan 100 peserta dari pangan dan nusa 2010. “Kita tentunya berharap kuliner khas Indonesia, khususnya Kalbar nantinya mampu berpotensi ekspor,” katanya.

Hadir pada acara itu, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu. “Menurut Menteri pemerintah menargetkan transaksi dalam expo itu mencapai 300 juta Dollar Amerika Serikat. Pada 2009 tercapai transaksi sebesar 280 Dollar Amerika Serikat,” ungkap Soekran menirukan pernyataan Menteri Perdagangan.

Kali ini pemerintah mengusung tema ‘Indonesia yang Memukau’ yang akan menceritakan perjalanan TEI dengan menampilkan produk ekspor dari masa ke masa, prestasi TEI, serta mengangkat kekayaan Indonesia dalam bentuk pangan khas Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar