Welcome Pontianak Centre

Senin, 25 Oktober 2010

Siapkan Tenaga Pendamping


Program pelatihan bagi Pengurus Gapoktan dan Penyuluh Pendamping dengan melibatkan peserta dari dua kabupaten yakni Kayong Utara dan Ketapang, baru-baru ini, kata Kepala Badan Penyuluh dan Ketahanan Pangan KKU Ir H Uray Ramli MM, merupakan hasil kerjasama Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang Kalimantan Selatan dengan Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kayong Utara. “Oleh karena itu, kepada Gapoktan disiapkan tenaga pendamping untuk memberikan petunjuk tentang sistem analisa usaha tani yang menguntungkan,” ujarnya.

Petugas yang membantu dalam meningkatkan usaha tani disini, jelasnya., yaitu petugas Penyelia Mitra Tani (PMT), dengan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) pendamping. Mereka harusnya setiap dua minggu seklali bertatap muka dengan Gapoktan.Khusus petugas PMT dan PPL pendamping membina dan menginformasikan untuk terutama dalam pengembangan kegiatan ekonomi rakyat yang diprioritaskan pada penduduk miskin pedesaan. Yaitu melalui peningkatan SDM, penguatan modal, buruh tani dan rumah tangga tani serta penguasaan teknologi produksi, pemasaran hasil dan peningkatan nilai tambah.

Karenanya dalam rangka pelatihan bagi pengurus gapoktan dan penyuluh pendamping, beberapa waktu lalu, diharapkan agar para peserta yang telah mengikuti pelatihan tersebut dapat memberikan informasi. Terutama dalam mengelola bantuan dana sebesar seratus juta rupiah baik tahap I yang sudah tersalurkan maupun tahap II.

Dengan demikian informasi yang diterima dari peserta pelatihan diharapkan menjadi bahan masukan dalam upaya peningkatan penyuluhan pertanian. “Yang pada dasarnya adalah bertujuan untuk menumbuh kembangkan, meningkatkan, memberdayakan, usaha agribisnis petani dan ekonomi pedesaan,” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar