Welcome Pontianak Centre

Minggu, 24 Oktober 2010

Singkawang Canangkan Tiga RTH


SINGKAWANG - Kota Singkawang bakal melakukan penghijauan besar-besaran. Salah satu langkahnya dengan menyiapkan ruang terbuka hijau. Kepala Dinas Kebersihan dan Perumahan, Wolter C Koyongian mengatakan, beberapa lokasi telah disiapkan untuk RTH tersebut.

Antara lain, taman burung, gayung bersambut dan batu belimbing. "Tiga lokasi itu telah kita pilih untuk RTH nantinya. Sebagai langkah melakukan penghijauan," ujarnya. Selain RTH, di Singkawang juga akan dibuat kawasan tradisional. Lokasi yang telah ditentuka yakni, Jalan Merdeka dan Jalan Pemuda. Ruas jalan tersebut dinilai paling layak. "Setelah dilakukan pembahasan dua ruas tersebut dipilih untuk kawasan tradisional," kata Wolter.

Untuk kawasan tradisional, Kota Singkawang dapat dana dari provinsi senilai Rp 1,5 miliar. Uang itu akan dipergunakan semestinya agar program berjalan lancar sesuai rencana. "Dananya dari provinsi, setelah keluar pengelolaan kawasan akan kita mulai," tuturnya. Kedua program tersebut, kata dia, memerlukan kerjasama masyarakat. Karena sebaik apapun program dengan dana yang besar sekalipun tanpa dukungan masyarakat tidak akan dapat terlaksana.

"Tidak hanya dua program ini sebenarnya, semua program pemerintah memerlukan kerjasama masyarakat," tegasnya. Misalnya penghijauan, masyarakat juga harus berperan dengan turut menanam di sekitar rumah dan lingkungan tempat tinggal. Jika setiap rumah menanam pohon, penghijauan di Kota Singkawang dengan mudah terlaksana. "Sesungguhnya masyarakat yang memiliki peranan penting," ucap Wolter.

Pun dengan tanaman yang ditanam pemerintah, kalau tidak karena bantuan masyarakat memeliharanya tidak bakal tumbuh dengan baik. Jangan justru sebaliknya, ada tangan-tangan jahil merusak tanaman yang telah ditanam pemerintah. "Masyarakat jangan bersikap apatis, harus peduli dengan lingkungan," imbaunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar