Welcome Pontianak Centre

Senin, 18 Oktober 2010

Taman Nasional Bukit Baka - Bukit Raya







Cara mencapai lokasi :

Pontianak - Sintang - Nanga Pinoh, 460 km selama 8 jam dilanjutkan dari Nanga Pinoh ke Nanga Popai menggunakan speedboat selama 2,5 jam dan ke taman nasional selama 2 jam.

Potensi Kawasan :

Taman Nasional Bukit Baka - Bukit Raya merupakan kawasan perbukitan dengan ketinggian antara 150 - 2.278 m dpl. Dengan puncak ketinggian terdapat di perbukitan Bukit Raya (2.278 m dpl.).
Mempunyai iklim tropis dengan rata-rata curah hujan tertinggi 3.423 mm per tahun dan suhu udara berkisar antara 20° - 32° C.

Taman Nasional Bukit Baka - Bukit Raya merupakan kawasan taman nasional yang sebagian besar merupakan hutan Dipterocarpus di Kalimantan.

Beberapa lora yang ada di Taman Nasional Bukit Baka - Bukit Raya antara lain Jelutung (Dyera lowii), Ramin (Gonystylus bancanus), Agathis (Agathis borneensis), Rengas (Melanoorhoea wallichii), Meranti (Shorea spp.), Keruing (Dipterocarpus spp.), Kayu ulin (Eusideroxylon zwageri), Bangkirai (Shorea balangeran), Nyatoh (Palaquium sp.), Rhododendron, Vaccinium, Myrica, anggrek, palem, rotan dan sebagainya.
Sedangkan fauna yang ada di Taman Nasional Bukit Baka - Bukit raya antara lain Kijang (Muntiacus muntjak), Kancil (Tragulus javanicus), Rangkong (Buceros sp.), Beruang madu (Helarctos malayanus), Babi hutan (Sus sp.), Ayam hutan (Gallus yarius), Bekantan (Nasalis larvatus) dan lain-lain.

Kegiatan yang ditawarkan :

o Rekreasi dan pariwisata alam antara lain hiking, panorama alam, jungle tracking, air terjun.
o Penelitian.
o Budaya masyarakat setempat.

Fasilitas yang tersedia :

Pondok wisata, pusat informasi, pos jaga, jalan trail, speedboat/klotok dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar