Welcome Pontianak Centre

Jumat, 22 Oktober 2010

Teknologi Nirkabel Agar Rumah Pintar


Wi-Fi a/b/g/n dan WiMax sudah dikenal sebagai teknologi nirkabel (wireless). Lain halnya dengan Z-Wave. Ini merupakan teknologi nirkabel yang akan membuat sebuah “rumah pintar” (smart home).

Z-wave mempunyai jangkauan hingga 30 meter untuk indoor dan 100 meter untuk outdoor, serta beroperasi di frekuensi 900 MHz. Berbeda dengan Wi-Fi atau WiMax seperti dipaparkan www.otakku.com, kecepatan transfer data Z-Wave hanya 9600 bps dan itu karena memang Z-Wave sendiri bukan ditujukan seperti WiFi dan WiMax.

Masih bingung kegunaan Z-Wave? Pada dasarnya dengan menggunakan Z-Wave pada setiap alat elektronik yang kita miliki, maka kita bisa mengontrol semuanya itu pada satu tempat, baik dengan menggunakan remote control maupun web based, dimana kita bisa mengaksesnya dari jauh melalui koneksi internet.

Selain mengontrol, kita juga memprogram semua alat elektronik untuk berjalan/ berhenti sesuai dengan jadwal yang kita inginkan, misal setiap jam 8 rumah akan kosong, maka dengan memprogramnya, semua peralatan yang tidak dibutuhkan akan mati dengan sendirinya, sehingga bisa menghemat listrik dan juga menghindari hubungan arus pendek yang bisa saja terjadi.

Sayangnya, tetap saja Z-Wave membutuhkan biaya yang masih mahal, walaupun mereka mengklaim bahwa Z-Wave lebih murah dibandingkan dengan teknologi nirkabel lainnya. (tk)

Beberapa kelebihan Z-Wave :
- Mudah diintergrasikan ke segala macam alat elektronik.

- Karena berbentuk modul, kita bisa menambahkan setiap alat tanpa harus melakukannya secara bersamaan, misal sekarang mau lampu saja yang dipasang Z-Wave kemudian baru pintu otomatis dan sebagainya.

- Z-Wave tidak memerlukan instalasi apapun, terutama tidak repot dengan masalah kabel.

- Setiap alat yang menggunakan Z-Wave bisa digunakan sebagai sebuah tim, misal pada saat anda membuka pintu garasi, otomatis juga akan menyalakan lampu dan lainnya.

- Dengan satu alat kontrol Z-Wave, kita bisa menyambungkan sebanyak 232 alat elektronik dalam satu jaringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar