Welcome Pontianak Centre

Senin, 01 November 2010

Bakar Rumah Alihkan Perhatian Modus Baru Maling di Ketapang



KETAPANG--Aksi tamu tak diundang di kawasan Kalinilam Kecamatan Delta Pawan membuat masyarakat khawatir. Betapa tidak, belakangan aksinya semakin nekat. Jika biasanya melakukan aksi dengan mencongkel rumah atau memilih rumah kosong, belakangan kekerasan kerap mewarnai operasi mereka, termasuk menghabisi korbannya.

Masyarakat Kalinilam resah, karena modus maling kini disertai dengan pembakaran rumah. Pembakaran yang dimaksudkan sebagai pengalihan perhatian. Hal ini diungkapkan oleh Rahman Ketua RT 04 RW 02 Kalinilam. “Warga kali Nilam terutama di Gang Hikmah dibuat kalang kabut. Hampir satu minggu warga diteror maling yang berusaha membobol rumah dengan cara membakar rumah,” ungkapnya Rahman

Pembakaran yang dilakukan lanjut Rahman bertujuan untuk mengacaukan suasana atau mengalihkan perhatian. Salah satu korban pembakaran rumah yang diakukan oleh maling ini adalah rumah Amat yang dibakar malam Jumat lalu sekitar pukul 21.30 WIB. “Pembakaran ini merupakan yang ketiga kalinya, sebelumnya beberapa korban yang mengalami, yaitu Aji, Martin, yang ke tiga rumah amat. Sudah satu minggu berlalu pelaku pencuraian belum dapat terungkap,” katanya.

Akibat aksi ini, kata Rahman, masyarakat mengintensifkan siskamling yang diback-up aparat kepolisian. “Bahkan beberapa waktu lalu warga dan masyarakat melakukan penyisiran di wilayah Kalinilam terutama tempat kejadian menemukan sepeda mini yang diduga milik maling tersebut,” tandasnya. Terpisah dihubungi Minggu (31/10), Kapolres Ketapang AKBP Badya Wijaya SH, mengatakan tindakan warga dinilai tepat dengan meningkatkan siskamling.

Hal tersebut merupakan upaya nyata antisipasi tindak kriminal. Bagaimanapun, kata Badya, setiap daerah memiliki potensi kejahatan. ”Kita meminta siskamling ditingkatkan untuk mengantisipasi kejahatan,” ajaknya. Siskamling ini merupakan salah satu cara efektif menjaga ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat.
Selain itu, kata dia, Polres Ketapang juga akan mengintensifkan dan meningkatkan patroli di wilayah terpencil.

“Saya sudah instuksikan ke anggota agar patroli ditingkatkan terutama di malam hari demi memantau situasi kamtibmas,” tegasnya. Kemudian ia juga meminta kerjasama masyarakat, apabila ada kejadian kejahatan harap segera lapor ke polisi baik pos polisi, polsek atau ke polres langsung. “Kalau ada laporan maka akan kita terjunkan anggota untuk melakukan tindakan di lapangan,” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar