Welcome Pontianak Centre

Senin, 01 November 2010

Masyarakat Pulau Cempedak Harapkan Bibit Kayu


KENDAWANGAN – Masyarakat Dusun Pulau Cempedak yang umumnya nelayan kecil menharapkan Pemda melalui Dinas Kehutanan dapat juga membantu bibit-bibit kayu. Seperti sengon, gaharu, dan karet.

Beberapa warga telah memulai menanam sengon. Dalam 5 tahun pertumbuhannya cukup baik. Begitu juga dengan karet tumbuh dengan subur. “Kendalanya masyarakat tidak bibit tanaman tersebut, itu hasil kami dialog dengan masyarakat Pulau Cempedak, Desa Kendawangan Kiri.” Ata PitriyadiS.Hut, M.Si, Penyuluh Kehutanan Dishut Ketapang.

Dalam dialog itu juga terungkap selama ini masyarakat nelayanan hanya didbantu oleh Dinas Kelautan dan perikanan Kabupaten Ketapang melalui PNPM Departemen Kelautan dan Perikanan, berupa alat tangkap dan bantuan langsung masyarakat. Demikian juga mereka juga sudah dilatih konsultan CV.K3 tentang Budi daya rumput laut dan pengolahan ikan renyok. Namun kendala utamanya pemasaran.

Sebagai gambaran, jumlah kepala keluarga di Pulau cempedak sekarang 120 KK. Di Pulau ini ada SDN 14 dengan 4 guru. Sekolah ini hanya terdapat dua local, kelas 1, 2 dan 5 pada satu local. Dan kelas 3 dan 4 satu local. Sedangkan untuk kelas enam tidak ada. Jarak pulau cempedak dari Kecamatan kendawangan dapat ditempuh menggunakan kapal motor selama 1,5 jam pada keadaan laut tenang. Jika pada saat angina kurang bersahabat kapal motor menempuhnya sekitar 2,5 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar