Welcome Pontianak Centre

Senin, 18 Oktober 2010

Wisata

Hutan Wisata Baning
terletak di Kab.Sintang dan mungkin merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki hutan tropis asli ditengah kota dengan luas 315 Ha, dengan beraneka ragam jenis pohon besar, beraneka macam anggrek dan kantong semar. Lokasi ini dapat ditempuh melalui darat dan udara dari Pontianak.


Bukit Kelam
terletak di Kab. Sintang dengan potensi dan daya tarik yang dapat digunakan untuk terbang layang dan panjat tebing. Lokasi ini dapat ditempuh melalui jalan darat.

Penakaran Ikan Arwana
merupakan ikan khas Kalimantan Barat yaitu Ikan Arwana Super Red yang mempunyai harga jual tinggi dan digemari oleh masyarakat tionghoa.

Air Terjun Mananggar
terletak di Kec. Air Besar Kab. Pontianak, dengan potensi daya tarik berupa air terjun 7 tingkat dengan ketinggian setiap tingkat sekitar 70 meter.

Cagar Alam Raya Pasi
terletak 10 KM dari kota Singkawang atau 155 KM dari Pontianak dengan potensi daya tarik berupa Raflesia arnoldi.

Cagar Alam Mandor
terletak di Kab. Pontianak kurang lebih 88 KM dari Pontianak.

Air Terjun Nokanayan
di Kecamatan Ambalan Kab. Sintang berupa panorama alam yang indah dengan ketinggian air terjun sekitar 180 meter.

Taman Nasional Bukit Baka
terletak di Kec. Seramai Kab. Sintang yang memiliki hutan pegunungan dengan fauna seperti rusa, orang utan, dan berbagai jenis burung.

Pantai Kijing
Pantai Pasir Panjang dan tanjung Batu terdapat di Kab. Sambas.

Tugu Khatulistiwa
terletak 3 Km dari pusat Kotamadya Pontianak sebagai tanda bahwa Pontianak dilalui Garis Khatulistiwa (Garis Lintang 0) sehingga setiap tanggal 2 s/d 23 Maret dan 21 s/d 23 September setiap tahunnya pada tengah hari (waktu Dhuhur), tugu dan benda disekitarnya tidak berbayang (Matahari tepat berada pada titik kulminasi). Tugu Khatulistiwa dibangun pada tahun 1928.

Makam Juang Mandor
terletak di Kab. Pontianak merupakan makam akibat peristiwa pembunuhan besar-besaran secara kejam pada tanggal 28 Juni 1944 pada masa penjajahan Jepang, berdasarkan catatan sebanyak 21.037 jiwa korban dimakamkan dalam 10 makam masal.

Makam Raja-Raja Pontianak
terletak di Kec. Siantan Hilir (55 Km dari Pontianak) dapat dicapai melalui kendaraan darat, atau melalui sungai (Sampan/Speed Boat).

Museum Negeri Pontianak, terletak di Pontianak

Istana Keraton Amantubillah
terletak di Mempawah; Istana kraton Sambas di Kabupaten Sambas
Adat Dayak/Betang, merupakan rumah khas suku dayak.

Kerajinan dari limbah kayu yang diolah kembali
Dalam berbagai bentuk seperti tikar, alas makanan, sandaran jok mobil
Pengolahan lidah buaya (aloevera)
Yang dibuat aneka makanan dan minuman, seperti manisan lidah buaya, dodol lidah buaya serta minuman kemasan lidah buaya.

Kerajinan Keramik Tiongkok di Singkawang (perjalanan 6 jam PP)

Masjid Jami
merupakan salah satu masjid tertua di Kota Pontianak letaknya sangat strategis berada ditepi sungai Kapuas dan berada di depan pelabuhan antar kota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar