Welcome Pontianak Centre

Senin, 25 Oktober 2010

Sesuaikan SOP

SEBANYAK 17 Kepala Puskesmas se-Kabupaten Bengkayang dan tiga orang peserta dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkayang mengikuti pelatihan manajemen puskesmas.

Pelatihan tersebut dibuka langsung Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot, belum lama ini. Pelatihan selama tiga hari dilaksanakan di Mess Bengkayang. Pelatihan manajemen puskesmas ini dipandu oleh narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar Yuliastuti Saripawan dan Evi Yuliska. Turut hadir, Kepala Dinas Kesehatan I Made Putra Negara. Ketiga memberikan pengarahan pelatihan manajeman kepada peserta.

Bupati Bengkayang dalam sambutannya menekankan, seluruh pegawai dapat berdinas secara tepat waktu, pelayanan yang terselenggara dilakukan dengan ramah dan trampil, tempat pelayanan yang bersih dan rapi serta seluruh pelayanan disesuaikan dengan standart operational procedure (SOP) yang mudah terbaca oleh seluruh staf dan pertemuan ditingkat puskesmas maupun ditingkat kecamatan dapat dilakukan secara berkala agar manajemen puskesmas bisa berjalan dengan baik.

Tujuan pelatihan ini, agar para kepala puskesmas mampu mengelola program kesehatan dasar di puskesmas secara optimal, memahami kebijakan dasar puskesmas dan penerapannya, membuat perencanaan kegiatan tahunan puskesmas, menyelenggarakan lokakarya mini dalam upaya koordinasi lintas program dan lintas sektor.

Selain itu, melakukan penggalangan kerjasama tim dalam penyelenggaraan upaya kesehatan di puskesmas serta melakukan penilaian kinerja puskesmas secara efektif. Puskesmas, kata dia, sangat penting dan strategis untuk membina upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKBM) di wilayah kerjanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar